Penyebab Ibu Sering Mengompol Pasca Melahirkan

Ibu yang melahirkan biasanya akan mengompol. Menurut pakar ini, wajar saja terjadi. Inilah sebabnya.
Fisioterapis Senior Rehabilitasi Departemen Rumah Sakit Anak dan Rumah Sakit Wanita, anggota Kesehatan Singapura, Caroline Chua mengatakan kondisi yang menghambat kontrol buang air kecil pasien disebabkan oleh melemahnya otot-otot dasar panggul mulai dari penemuan tanda-tanda kehamilan.
Menurut Caroline, melemahnya otot panggul terjadi saat persalinan atau ketika wanita mengalami kenaikan berat badan. "Inkontinensia urin juga dapat disebabkan oleh perubahan sistem hormonal wanita selama kehamilan dan menopause," Caroline, dikutip di situs Kesehatan Xchange Singapura pada Sabtu 30 Juni 2018 mengatakan.
Oleh karena itu, wanita yang setelah melahirkan harus mempertahankan dasar panggul yang kuat untuk mencegah inkontinensia urin. "Itu juga bisa dicegah dengan melakukan latihan di lantai panggul atau latihan Kegel," kata Caroline.
Penggunaan crystal x otot-otot dasar panggul
Otot-otot dasar panggul ini tidak dapat dilihat, tetapi mereka dapat dirasakan. Lantai panggul itu sendiri adalah sekelompok otot di bagian bawah tulang panggul. Otot ini mendukung organ panggul dan memiliki fungsi dalam mengendalikan kandung kemih dan usus.
"Otot dasar panggul juga berpartisipasi dalam peningkatan fungsi seksual," katanya.
Otot panggul perempuan akan sedikit melemah dan tidak akan berfungsi secara optimal setelah melahirkan. Tetapi ini dapat dicegah dengan melakukan latihan rutin selama kehamilan, misalnya dengan latihan kegel.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Bahaya Terkena Jilatan Anjing

Makanan Ini Bisa Cegah Terjadinya Menopause Dini