Ini Bahaya Terkena Jilatan Anjing

Anjing adalah hewan peliharaan yang dapat dikatakan adalah teman terbaik bagi manusia. Beberapa orang berpikir bahwa anjing dapat menjaga kenyamanan dan menghilangkan kelelahan setelah bekerja seharian.

Hal ini tidak hewan jarang menjilati diundang untuk menceritakan kisah sebagai manusia. Bahkan, beredar mitos mengatakan bahwa air liur anjing lebih bersih dari manusia.

Tapi pendapat itu ditolak oleh anjing ahli, Marty Becker. Dia mengatakan kita harus menyadari bahwa tidak benar dan menjilat anjing bisa membahayakan manusia.

"Mereka membersihkan mulut sampah, kami bertepuk ketika kita menyapa, maka dia (anjing) menutup mulutnya," katanya New York Post, Senin (2017/07/31)

Hal yang sama diungkapkan www.carakuhidupsehat.com oleh Profesor Virologi dan bakteriologi di Queen Mary University of London, Inggris, John Oxford. Menurut ramah binatang yang memiliki bakteri yang dapat mengganggu kesehatan manusia.

"Anjing itu menghabiskan setengah hidupnya menempatkan hidungnya di tempat yang buruk atau melayang di atas kotoran Anda sehingga hidung Anda penuh dengan bakteri, virus dan kuman dari segala jenis," katanya.

Salah satu bakteri yang hidup di air liur anjing disebut Capnocytophaga canimorsus. Bakteri ini memiliki kekuatan untuk menyebabkan infeksi yang fatal bahkan dengan sepsis, kondisi di mana tubuh bereaksi sebagian besar bakteri atau mikroorganisme lainnya.

Gejala awal infeksi ini mirip dengan penyakit lain, seperti demam, menggigil, berkeringat dan kekurangan energi.

Jika anjing sering dibawa ke tempat di mana beberapa hewan yang berdekatan, misalnya, di tempat penampungan, mereka dapat membuat hewan peliharaan lebih rentan terhadap bakteri ini.

Gejala terlihat pada anjing yang membawa bakteri ini adalah ketombe, rambut rontok dan bintik-bintik hitam pada kulit dan rambut. Jika Anda melihat gejala-gejala ini, ada baiknya untuk melihat dokter segera untuk dipertimbangkan. Dan jangan biarkan anjing menjilati wajah untuk mengurangi risiko bakteri terinfeksi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyebab Ibu Sering Mengompol Pasca Melahirkan

Makanan Ini Bisa Cegah Terjadinya Menopause Dini